dugeun dugeun seoul: fangurrrrrling time!

waktunya melanjutkan dugeun dugeun seoul series setelah hiatus beberapa bulan :D dan kali ini adalah bagian yang paling exciting buat saya (selain belanja kosmetik di myeongdong tentunya) yaitu faaangurrrrrling time! so just a little heads up, di blog post ini akan muncul beberapa nama dan istilah yang barangkali kurang familiar bagi orang-orang yang bukan korean entertainment enthusiasts macem saya jadi saya akan menjelaskan istilah-istilah tersebut menggunakan footnote. harap maklum ya hehe.

begitu menjejakkan kaki di seoul, hampir semua advertisement di sekitar saya udah ga keliatan asing lagi. mulai dari poster-poster iklan di sepanjang dinding stasiun MRT, lagu-lagu yang diputer di berbagai tempat umum, iklan-iklan di TV, standee atau poster di etalase toko … hampir semuanya dipenuhi muka-muka dan suara yang udah familiar buat saya mulai dari aktris/aktor, komedian, MC, dan idol/penyanyi.

yang paling menarik buat saya sih saya akhirnya bisa ngeliat langsung advertising banner di stasiun MRT yang dibikin oleh kpop fandom, misalnya birthday advertising banner buat idol X, atau cuma sekedar ngerayain anniversary group tertentu. dan bahkan saya sempet ngeliat langsung birthday bus di daerah hapjeong! LOL yes you read it right, beberapa fansite bekerja sama untuk nyewa satu bus gede buat dihias sedemikian rupa khusus untuk ngucapin happy birthday ke idol mereka, ini hal yang biasa di kpop fandom. dan kebetulan waktu itu ceritanya bias¹ saya juga bakalan berulang tahun dalam beberapa minggu jadi saya sempet nyariin birthday advertisement dia di mana-mana tapi sayangnya ga ketemu :( emang birthday advertisement biasanya baru marak H-seminggu.

berhubung kebanyakan kpop advertising banner (or anything) adanya di stasiun MRT, agak susah buat motret mereka karena semua orang di sana jalannya udah kaya’ dikejar lintah darat alias serba buru-buru dan ngebut. jadi kalo kita jalannya pelan atau pake acara berhenti-berhenti dulu buat motret pasti diserempet (atau disemprot) dari belakang. bahkan eyang-eyang di korea aja lebih kuat jalan dari saya. OTL

anyway, balik lagi ke fangirling agenda. ga afdol rasanya kalo ke seoul tanpa mampir ke kantor-kantor entertainment agency, jadi kita pun udah nyusun list agency-agency mana aja yang mau kita datengin. beneran cuma datengin aja kok, ga pake acara masuk ke dalem apalagi drop CV kaya’ yang sempet direncanain hesti, LOL.

seoul15

nah yang demen kpop pasti udah familiar ma gedung-gedung di atas. searah jarum jam dari kiri atas: 1) SM entertainment (boa, super junior, SNSD, EXO, etc) — 2) YG entertainment (psy, big bang, 2NE1, etc) — 3) cube entertainment (rain, beast, 4minute, etc) — 4) JYP entertainment (wonder girls, 2PM, miss A, etc).

tujuan utama sebenernya cuma ke SM ma YG karena most of our favorite artists belong to both companies, JYP ma cube cuma bonus aja karena lokasinya deketan ma SM. kita juga sempet ngelewatin FNC (FT island, CNBLUE, AOA, etc) yang berlokasi di area yang sama, tapi literally lewat doang tanpa berhenti atau motret. tadinya pengen ke big hit (BTS) juga tapi lokasinya agak jauh dan panduan arahnya nampak lebih ribet jadi terpaksa dicoret dari list.

waktu nyari referensi arah di blog-blog fans kpop yang udah pernah mengunjungi kantor-kantor entertainment agency di atas, saya sempet baca satu kalimat yang kurang lebih bunyinya begini: “please take note that these entertainment buildings don’t magically appear soon after you exit MRT station or bus. don’t expect any direction boards or signposts either. finding these buildings requires efforts and patience, you have to do a lot of navigating.”

awalnya saya sempet mikir “ah lebay amat, kalo udah tau petunjuk ma patokannya mah mestinya gampang-gampang aja,” apalagi saya termasuk orang yang lumayan bisa baca peta dan arah mata angin. tapi setelah terjun langsung ke lapangan, ternyata emang kalimat tadi benar adanya! kantor-kantor agency itu lokasinya bukan di pinggir jalan raya gede (kecuali kantor SM yang lama) melainkan agak mblusuk ke area semi-perumahan yang jalannya agak sempit dan belokannya bikin pusing. bangunannya pun bukan gedung yang menjulang tinggi atau mencolok, jadi emang harus blusukan nyarinya.

YG lokasinya ga gitu jauh dari hongdae, jadi kita ke sana dulu pagi-pagi sebelum ke kantor agency yang lain. nyarinya bener-bener kaya’ nyusurin peta buta, celingak-celinguk sambil randomly pilih jalan bermodal feeling. saya juga yang salah sih, lupa nge-save direction lengkapnya di hape dan cuma inget “pergi ke stasiun hapjeong, keluar di exit 8” doang trus sisanya wallahualam. untung setelah berjalan tanpa arah di area itu selama 10-15 menit, akhirnya ketemu juga ma si gedung YG, kalo ga kan kkaebsong² banget, LOL.

adegan yang sama juga terulang ketika kita nyari gedung SM dan yang lainnya. SM, JYP, cube (dan FNC) terletak di daerah gangnam (lebih spesifik lagi apgujeong) yang mana merupakan daerah elitnya seoul gitu deh. jalan dan trotoarnya lebar banget kaya’ di film-film dan di sepanjang jalan berderet toko-toko yang masuk kategori mending-dilihat-dari-luar-aja-ga-usah-sok-sokan-masuk-ke-dalem macem salvatore ferragamo, dolce & gabbana, MCM, burberry, louis vuitton, etc. banyak juga klinik-klinik operasi plastik yang keliatan “berkelas” alias yang bisa masuk situ cuma kaum chaebol³ atau artis kelas salmon ke atas.

kita turun di stasiun apgujeong rodeo (bukan stasiun apgujeong) dan langsung ketemu kantor SM yang lama karena emang lokasinya ga jauh dari stasiun dan di pinggir jalan gede. yang paling menarik adalah di sepanjang trotoar antara stasiun apgujeong rodeo dan kantor lama SM berderet patung-patung (atau boneka?) yang melambangkan group/penyanyi kpop terkenal such as psy, super junior, 2PM, SNSD, EXO, SHINee, miss A, etc.

seoul14

beberapa waktu lalu saya inget sih sempet liat berita soal pembukaan k-star (atau hallyu) road di daerah gangnam, rupanya inilah dia. setelah foto-foto ma beberapa patung, kita pun kembali melanjutkan perjalanan mencari kantor-kantor agency yang tersisa.

yang langsung ketemu adalah JYP dan cube karena mereka letaknya hampir sebelahan dan masuknya ga terlalu jauh dari jalan gede, not to mention di depan JYP ada dunkin donut yang selalu rame dipenuhin fans. the trickiest part was finding SM building karena petanya bahkan lebih buta lagi ketimbang YG. but then alhamdulillah lagi-lagi kita dikasih pencerahan pas udah nyaris nyerah (dan nyasar lebih jauh) dan akhirnya ketemu juga ma si gedung yang selama ini cuma keliatan di layar laptop/handphone doang :P

waktu kita dateng ke sana suasananya lagi pada sepi semua (kecuali JYP tapi crowd-nya masih tergolong normal). mungkin karena waktu itu lagi ga ada artis di dalem kali ya, entah harus bersyukur atau ga karena di satu sisi pengen ketemu bias langsung tapi di sisi lain jadi terhindar dari kpop fangirls crowd yang (biasanya) rusuh, LOL.

selain kantor-kantor agency di atas, ada satu tempat lagi yang jadi tujuan utama kita— mengingat kita berdua adalah SM stans—yaitu SMTown @ COEX artium yang baru resmi dibuka bulan januari 2015 kemaren.

pertama kali nonton video di atas, saya inget banget saya langsung membatin “can I go there and try everything for free someday?” siapa sangka beberapa bulan kemudian saya beneran bisa ke sana walaupun definitely not for free, LOL. still, alhamdulillah :)

SMTown @ COEX artium ini adalah semacam surga dunia bagi para fans group/artis yang berada di bawah label SM entertainment. di dalemnya ada store yang menjual segala jenis goods dan souvenir, studio rekaman/dance dan beauty salon yang tentu saja ga terbuka untuk umum, cafe yang menjual makanan-makanan unyu macem cupcakes dan ice cream, dan hologram theater.

seoul16 seoul17seoul18

saya agak menyayangkan kenapa kurang boros memori hape/kamera buat motret seisi gedung mulai dari luar ampe lantai paling atas, but if you want to see more pictures you might want to check this blog post by wanderlust yeoja. she also wrote much more detailed blog posts about her seoul trip :)

anyway, walaupun luar biasa tergiur buat ngeborong banyak barang di sana, saya cuma beli satu CD (album terbaru EXO karena kebetulan mereka baru comeback) dan satu cupcake sharing berdua ma hesti. kenapa? simply karena harga-harganya ga manusiawi. cupcake sebiji aja harganya KRW 8,000 (around IDR 100,000), dan kaos atau baju lain harganya paling murah KRW 30,000. edan kan? mending duitnya buat ngeborong kosmetik. OTL

tapi overall puas banget sih dateng ke sana, minimal buat nambah pengalaman dan ngilangin penasaran. asal pinter-pinter ngerem napsu buka dompet aja sih, saya harus berulang kali membatin “do I really need this?” tiap megang barang-barang yang menurut saya lucu. lumayan berhasil karena saya emang biasanya beli kpop goods buat dikoleksi aja dan bukannya dipake sehari-hari, makanya makin ke sini makin mikir kalo mau beli segala sesuatu yang berbau kpop.

sebelum saya berangkat ke seoul ada beberapa orang yang nanya “ga tertarik nonton music show live? mumpung lagi di korea.” sempet kepikiran sih, apalagi waktu itu dua group favorit saya (EXO dan BTS) sama-sama lagi aktif promosi so the thought of watching them performing live was so damn tempting. tapi setelah browsing prosedur nonton music show langsung emmm ga deh, mendingan waktu dan tenaganya dipake buat jalan-jalan aja. seandainya kita stay di seoul selama 2-3 minggu sih mungkin kita masih mau usaha untuk nonton minimal satu music show, lha ini cuma 4-5 hari doang.

mungkin segitu aja laporan dari departemen fangirling :) I really wish I could share more tapi ya mau gimana lagi :( sebenernya masih ada satu post lagi untuk dugeun dugeun seoul yaitu laporan dari departemen kuliner, tapi saya agak ragu nulisnya karena ternyata wisata kuliner saya di seoul tidak seindah harapan hahaha. but I promise I’ll try my best to write about it, walaupun mungkin agak pendek :)

 


 

daftar istilah:

¹bias: member favorit dari group tertentu atau fandom kpop secara keseluruhan.

²kkaebsong: apes, disayangkan, pokoknya when you feel like something is regretful.

³chaebol: konglomerat tajir (kurang lebih) tujuh turunan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s