dugeun dugeun seoul: tourism attractions.

tujuan utama saya ke seoul kemaren secara garis besar mungkin bisa dibagi jadi tiga: jalan-jalan, fangirling, dan makan. yang akan dibahas di blog post kali ini adalah part pertama yaitu jalan-jalan ke tempat-tempat yang biasanya bakalan muncul ketika kita google “places to visit in seoul” a.k.a atraksi-atraksi pariwisata standar di seoul. standar di sini maksudnya bukan berarti tempatnya biasa-biasa aja (walaupun tbh emang ada beberapa tempat yang menurut saya biasa aja sih) tapi lebih ke kebanyakan-turis-di-seoul-tuh-pasti-ke-sini kind of places.

yang pertama gwanghwamun square dan gyeongbokgung palace.

kalo mau ke gyeongbokgung palace sebenernya bisa langsung turun di stasiun gyeongbokgung, tapi karena kita mau jalan-jalan (dan hesti mau lip sync lagu at gwanghwamun) di gwanghwamun square dulu jadilah kita turun di stasiun gwanghwamun instead. keluar dari exit 9 (atau 8, asli lupa) kita langsung berada di tengah-tengah gwanghwamun square, disambut oleh patung king sejong the great dan admiral yi sunshin. sekilas info, di bagian bawah patung king sejong ada pintu masuk ke museum bawah tanah yang nyeritain sejarah king sejong dan hangul, lumayan menarik buat diliat-liat atau sekedar numpang berteduh dari terik matahari, hehehe.

seoul5

di sebelah utara gwanghwamun square ada gwanghwamun gate, gerbang utama gyeongbokgung palace. di bawahnya ada banyak penjaga berseragam yang tiap tiga jam sekali ganti personil. awalnya saya beneran ngira mereka patung tapi trus “lho kok patung yang itu kedip? lho kok patung yang itu tangannya gerak? lho lho lho?”

seoul6

waktu kita ke sana entah kenapa gyeongbokgung palace lagi rame-ramenya padahal gerimis dan udaranya dingin, not to mention itu hari kerja dan bukannya hari libur. hasil browsing bilang kalo masuk gyeongbokgung palace mesti bayar KRW 3,000 tapi waktu itu kita ga dipungut bayaran tuh, ga tau kenapa. dibilang rejeki anak sholehah tapi kita berdua ga sholehah-sholehah amat, berarti anggep aja rejeki turis ekonomis.

komplek gyeongbokgung tuh gede banget, di dalamnya juga banyak bangunan-bangunan istana yang letaknya berjauhan satu sama lain. sayang ga ada tour, jadi kita ga tau sejarah dan cerita di balik semua bangunan. trus agak mblusuk dikit kita nemu the national folk museum of korea di bagian belakang komplek, isinya artefak peninggalan istana dan sejarah cultural belief-nya korea. saya sama sekali ga ngambil foto di museum ini karena udah agak kecapekan setelah jalan keliling komplek istana dan efek kurang tidur di pesawat pas lagi kenceng-kencengnya (baca: ngantuk pol).

tips: kalo bisa pilih hari yang cuacanya mendukung (karena kegiatan jalan-jalan di gyeongbokgung mostly outdoor) dan dateng agak pagi supaya hopefully lebih sepi.

yang kedua insadong street.

seoul7

namanya turis indonesia mah kudu wajib mesti fardhu ain dateng ke tempat belanja, minimal buat nyari souvenir atau oleh-oleh. nah kalo menurut saya sih insadong ini adalah salah satu tempat paling tepat. sepanjang jalan isinya toko-toko souvenir dan barang-barang tradisional/vintage yang kece-kece. harganya standar lah, kalo untuk dompet kecil dan kaos sekitar KRW 5,000-15,000. lucunya, kebanyakan penjual di insadong udah bisa ngomong bahasa indonesia bahkan tanpa nanya dulu kita orang indonesia atau bukan. udah hapal banget kali ya kalo orang indonesia demen belanja, LOL.

tips: jangan lupa mampir ke ssamziegil! tempatnya lucu, barang-barangnya juga lucu!

yang ketiga the national museum of korea.

yang demen running man pasti udah ga asing lagi ma tempat ini. in fact bukan cuma tempat ini aja tapi kemungkinan hampir semua tempat terkenal di korea pasti berasa familiar karena hampir semuanya udah “dijajah” oleh running man.

seoul8

museumnya geedeee banget, terdiri dari 3 lantai (eh apa 4 ya?) tapi saya cuma bener-bener menjelajah lantai pertama aja. keliling lantai paling atas juga sih tapi cuma sekedar liat-liat sepintas. lantai pertama agak-agak mengingatkan saya ma museum gajah tbh, karena isinya sejarah korea dari mulai jaman batu ampe jaman yang agak modern.

tips: kalo emang agak niat sih coba browsing tour in english adanya tiap jam berapa aja trus dateng ke museum sebelum tour dimulai biar bisa ikutan. kalo emang niat.

yang keempat namsan cable car dan N seoul tower.

must not be missed! sebenernya bisa aja sih ke N seoul tower naik bus atau bahkan jalan kaki mendaki bukit namsan (situ aje ye, gue mah ogah) tapi biar lebih seru (dan gampang) menurut saya mendingan naik namsan cable car. caranya turun di stasiun myeongdong, keluar dari exit 3, trus jalan aja ampe ketemu hotel pacific. hasil googling dan petunjuk arah yang ada di sana menunjukkan bahwa kita mesti ngikutin jalan yang ada di sebelah kiri hotel pacific untuk mencapai platform namsan cable car. tapi jangan ketipu! ambil jalan yang sebelah kanan instead karena percayalah jarak tempuhnya lebih pendek ketimbang jalan yang sebelah kiri. hemat waktu, hemat tenaga.

tapiii minusnya naik namsan cable car adalah … ngantrinya sepanjang tiga lantai mulai dari halaman depan ampe dek keberangkatan, LOL. apalagi kita waktu itu ke sana menjelang sunset, alhasil harus rela ngantri selama sejam lebih. cuma ya untungnya antriannya masih jalan sih walaupun tersendat.

seoul9

begitu naik cable car dan nyampe puncak namsan hill, wiii pemandangannya cakep! trus isinya orang pacaran semua hahahaha. tadinya pengen naik ke observatory N seoul tower juga tapi udah keburu ilfil liat antriannya yang panjang dan kaki udah kelewat pegel. next time (hopefully) pengen ke sini lagi siang-siang :)

seoul11seoul10

tips: kalo mau ikutan pasang gembok di sini, mending udah disiapin dari rumah, sekalian bawa juga permanent spidolnya biar ga perlu ribet nyari on the spot.

yang kelima cheonggyecheon stream/plaza.

saya udah lama banget penasaran pengen ke sini, sejak nonton seoul MV bertahun-tahun lalu. dan ternyata emang tempatnya cakeeeep banget!

seoul12jadi ini semacam sungai buatan di pusat kota seoul gitu kali ya, saya kurang paham juga. ada sejarahnya, bahkan ada museumnya tapi saya ga sempet ke sana. kalo malem dijadiin tempat kongkow anak muda dan tempat live performance artis jalanan, trus pas kita ke sana lagi ada live performance-nya kim feel di cheonggye plaza. rame bener yang nonton, pada heboh “ada kim feel! ada kim feel!” meanwhile saya ma hesti doang yang “kim feel teh saha?”

tips: di salah satu titik di cheonggyecheon stream ada tempat lempar koin + make a wish, harus banget dicoba kalo ke sana ;D

yang keenam myeongdong street a.k.a surga belanja.

bagi penggila kosmetik korea kaya’ saya, jelas tempat ini adalah salah satu tempat terfavorit di seoul. toko kosmetik (dan juga fashion) bertebaran di segala penjuru! bahkan setelah pulang ke jakarta pun saya masih kepikiran beberapa barang yang ga sempet saya beli di myeongdong karena keterbatasan waktu dan uang. kalo someday saya ke korea lagi (AAMIIIN) kaya’nya saya bakalan meluangkan satu hari full dari pagi ampe sore buat keliling myeongdong deh, ya walaupun dengan konsekuensi dompet bakalan menipis drastis setelahnya. OTL

seoul13

tapi sebenernya kalo mau belanja kosmetik atau baju/sepatu ga mesti nunggu ke myeongdong dulu sih. especially kosmetik karena di seoul we can find cosmetic stores literally anywhere. di pinggir jalan, di mall, bahkan di stasiun MRT. lucunya, satu brand kosmetik bisa punya dua store yang berbeda di satu jalan yang sama, jaraknya cuma beberapa puluh meter doang. ga pake acara bingung deh kalo mau nyari toko kosmetik di seoul. well, tapi ada juga sih brand kosmetik yang jumlah store-nya terbatas banget dan saya sempet kebingungan nyarinya kemaren.

tips: bikin list dulu mau belanja apa aja plus harganya berapa, alamat store-nya di mana. walaupun kemungkinan besar bakalan gelap mata begitu udah di tempat kejadian perkara tapi at least udah ada panduan apa aja yang mau dicari dan kira-kira mesti bawa uang berapa.

cuma itu aja yang bisa saya share di blog post ini, sayang ya agak terlalu pendek. ya gimana dong namanya juga liburan dalam keterbatasan waktu dan sumber daya, hiks. see you on the next part of dugeun dugeun seoul series ;D

Advertisements

2 thoughts on “dugeun dugeun seoul: tourism attractions.

  1. ya gusti itu cheonggyecheon stream cakep amaaaaaat
    tapi running man belom pernah ke situ *eh*

    yok kak, besok2 sama aku ke sininya :D

    • iya kak, cheonggyecheon stream buat gue above expectation, pewe banget duduk-duduk di situ sambil foto-foto. lebih enak lagi sambil pacaran sih kaya’nya. *eee*
      hayuk lah no PHP yes, start nabung dari sekarang fufufu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s