wonderful penang.

hanya selang sekitar 1.5 bulan setelah liburan ke sulawesi selatan, saya jalan-jalan lagi :D sempet diomelin nyokap sih, “kamu kok kerjanya jalan-jalan mulu? kebanyakan duit apa gimana?” astaghfirullah gue dibilang kebanyakan duit, ya diaminin aja deh karena malaikat juga tahu kenyataannya mah jauh dari itu. OTL

anyway kali ini saya jalan-jalan ke penang bareng hesti. awalnya saya sempet kepikiran pengen ke KL tapi temen saya, orang malaysia yang tinggal di KL, nyaranin saya buat ke penang aja instead of KL. dia sendiri waktu itu baru liburan ke penang dan menurut dia penang adalah pilihan yang tepat buat orang-orang yang demen wisata budaya dan kuliner macem saya. saya dan hesti pun pukul gong dan akhirnya kita berhasil booking tiket pesawat pulang-pergi + penginapan untuk 4 hari 3 malam di bulan mei 2014 melalui airasiago setelah pake acara drama gagal booking karena situsnya crash.

penang sendiri adalah salah satu negara bagian malaysia yang terletak di seberang medan. awalnya saya kira penang itu cuma sebuah kota di malaysia, tapi ternyata dia bukan cuma sebuah kota melainkan juga sebuah pulau yang terpisah dari semenanjung malaka walaupun ga gitu jauh. dia juga terkenal dari segi medisnya, orang-orang indonesia banyak yang pergi ke sana untuk berobat karena konon biayanya lebih terjangkau dan dokter-dokternya lebih oke. pantesan waktu saya cerita ke orang-orang kalo saya mau ke penang kebanyakan pada komentar “ngapain lo ke penang? berobat?”

setelah googling dan tanya sana-sini, saya makin dapet bayangan tentang penang. di kepala saya, penang itu kaya’nya mirip-mirip semarang atau jogja. sama-sama kota budaya yang ekonomis alias di sana serba lebih murah dan kaya akan kuliner enak. dan setelah dateng sendiri ke sana, ternyata bayangan saya kurang lebih terbukti benar. man, I totally fell in love with this city.

penang1

saya sendiri juga ga bisa jelasin tepatnya kenapa saya suka banget ma kota ini. saya suka suasananya, saya suka bangunan-bangunan tuanya, saya suka makanannya (A+ guys!), pokoknya saya suka semuanya. dari segi transportasi sih jelas masih jauh di bawah singapore atau barangkali KL tapi at least much better than jakarta hahaha. taksinya kebanyakan ga pake argo alias tarif nembak tapi selama di sana kita cuma pake taksi untuk akses dari dan ke airport aja dan mereka udah punya patokan harga yang jelas untuk airport jadi ya ga masalah.

untuk transportasi sehari-hari kita lebih banyak jalan kaki dan naik bus. ada bus rapid penang yang nyaman dan tarifnya bersahabat (walaupun bayarnya harus cash dan duit pas), trus ada juga free shuttle bus di jalur-jalur tertentu. sebenernya banyak jalanan di penang yang masih kurang bersahabat untuk pejalan kaki karena trotoarnya sempit atau bahkan ga ada sama sekali, tapi ini pun bukan masalah yang terlalu besar buat kita karena toh ga banyak kendaraan lalu-lalang. saya sempet bingung karena ada beberapa jalan yang padahal cukup gede tapi saking sepinya kita bisa guling-guling di sana bahkan di tengah hari bolong.

kita stay di hostel syok at chulia dan saya bener-bener merekomendasikan hostel ini! harganya emang agak lebih mahal dibanding hostel lain sih tapi menurut saya worth it. tempatnya bersih dan kece, udah gitu para staff-nya helpful + ramah banget. lokasinya lumayan strategis karena terletak di salah satu jalan utama di george town, ibu kota penang yang juga merupakan UNESCO world heritage site. not to mention hostel ini sebelahan ma subway hahaha jadi kalo lagi laper banget dan bingung mau makan apa tinggal ngesot ke sebelah deh.

penang3

tapiii (sayangnya ada tapi-nya) hostel syok ini juga punya nilai minus dari segi lokasi. nah nilai minus ini dibahas belakangan aja ya, setelah saya ngebahas tempat-tempat apa aja yang saya kunjungi selama liburan 3 hari di penang :)

yang pertama camera museum.

penang2

saya dan hesti lagi jalan-jalan di daerah sekitar hostel ketika tiba-tiba kita ngelewatin tempat ini. menurut hesti si anak gaul tripadvisor, tempat ini banyak dapet review bagus dan kalo ga salah sempet dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup recommended di george town. sesuai namanya, isinya ya kamera-kamera dari berbagai jaman. agak ngebosenin kalo kata saya, tapi cukup menarik kok.

yang kedua penang peranakan mansion.

penang4

kita sempet nyasar dikit (sumpah cuma dikit) pas nyari tempat ini. udah menelaah peta, nanya mas-mas bermotor, tapi teteup aja ga ketemu. ternyata emang lokasinya sedikit tersembunyi. (ga juga sih, emang saya aja yang agak bego waktu itu)

penang peranakan mansion ini mungkin semacem perpaduan antara museum dan rumah kali ya. jadi ini tadinya bekas rumahnya tuan tanah atau sejenisnya, trus dilestarikan buat jadi museum. mereka menyediakan jasa pemandu tour tapi kebetulan waktu itu semuanya lagi pada sibuk alhasil kita keliling-keliling sendiri deh.

setelah ke penang peranakan mansion kita mampir bentar ke fort cornwallis mumpung searah, tapi tbh ga ada apa-apa yang menarik di situ jadi ga usah dibahas lebih lanjut ya :P

yang ketiga cheong fatt tze mansion atau dikenal juga dengan nama the blue mansion.

penang5

mansion ini deket banget ma hostel kita, cuma jalan 5 menit pun nyampe. disebut the blue mansion karena dinding luarnya dicat biru tua lumayan mencolok. hampir mirip ma penang peranakan mansion, tempat ini dulunya rumah saudagar tajir trus dijadiin museum. tapi the blue mansion ini bukan hanya dijadiin museum aja tapi juga penginapan. saya cuma jalan-jalan di bagian museumnya aja, ga liat-liat area penginapannya jadi ga tau apakah cukup recommended untuk diinepin atau ga. kalo dari foto-foto di situs official-nya sih kaya’nya lumayan kece ya, antik-antik piye gitu.

mau masuk the blue mansion ga bisa sembarangan, harus ikut tour alias ga boleh keliaran sendirian kaya’ di penang peranakan mansion. tour-nya pun adanya di jam-jam tertentu, ga setiap jam ada. seinget saya sih tour pertama dimulai jam 11 siang, tapi supaya lebih pasti mending cek langsung ke situsnya aja ya :)

yang keempat penang hill.

penang6

penang hill lokasinya lumayan jauh dari pusat kegiatan kita di george town jadi kita pun harus naik bus selama kurang-lebih 20 menit ke sana. di sana kita ngantri sebentar untuk beli tiket naik semacem kereta yang akan membawa kita ke puncak bukit. kereta ini sengaja dibikin miring sekitar 45 derajat karena emang bukitnya cukup terjal. sempet deg-degan juga naiknya, apalagi karena dia sempet berhenti-berhenti kaya’ ga kuat nanjak gitu, tapi alhamdulillah aman kok. dan begitu nyampe atas, kita langsung disambut udara adem dan pemandangan yang kece! setelah jalan dikit kita nemu semacem dek buat masang gembok-gembok cinta ala namsan tower gitu hahaha.

yang kelima kek lok si temple.

penang7

this is definitely my most favorite destination in penang. lokasinya ga gitu jauh dari penang hill, naik bus cuma sekitar 5 menit trus dilanjutkan jalan kaki selama 10 menit. jalan kaki di sini maksudnya mendaki bukit ya, ga terlalu adventurous kok karena kita cuma tinggal naik tangga aja, jadi ga perlu ngebayangin hiking atau panjat tebing segala. cuma ya teteup aja sih bikin ngos-ngosan banget.

kuil ini gede dan luas banget, ga salah deh dia dinobatkan sebagai salah satu komplek kuil terbesar di asia tenggara. masuknya gratis, kita baru disuruh bayar kalo mau naik lift (yang bentuknya lebih mirip kereta ketimbang lift biasa) ke bagian kuil yang letaknya emang lebih di atas. walaupun ga dipungut biaya masuk, keliatan kok kalo komplek kek lok si ini keurus dengan baik. tempatnya bersih, rapi, dan segala sesuatunya cukup well organized. pokoknya saya suka banget tempat ini :D

yang keenam khoo kongsi.

penang8

kita mengunjungi tempat ini cuma beberapa jam sebelum pulang ke jakarta. tadinya sempet nyaris ga jadi ke sana karena takut ga keburu nyampe airport tepat waktu dan hujan lumayan deres, tapi toh akhirnya kita teteup bela-belain pergi ke sana. lokasinya literally tersembunyi, karena dia ga terletak di pinggir jalan melainkan harus masuk ke gang kecil dulu. kaya’nya khoo kongsi ini juga dulunya bekas tempat tinggal tokoh penting trus dijadiin museum. tempatnya ga besar, bahkan area yang bisa diliat lebih dikit dari the blue mansion. dan kalo ga salah dulu dia sempet jadi tempat syuting film anna and the king.

atraksi atau tempat wisata yang kita kunjungin di penang cuma enam itu, sisanya kita jalan-jalan sendiri ke mall atau pasar kaki lima, mostly untuk wisata kuliner. and speaking of culinary, asli makanan di penang enak-enak! mulai dari yang saya udah pernah makan sebelumnya seperti nasi biryani, nasi ayam hainan, atau kwetiau goreng, sampai yang baru pertama kali saya makan seperti nasi kandar, mie curry, atau tandoori. dan satu hal yang saya perhatiin, teh tarik di penang enak banget! seumur-umur saya minum teh tarik di jakarta, yang menurut saya rasanya bener-bener enak bisa dihitung pake jari satu tangan. sementara teh tarik yang saya minum di penang rasanya enak semua!

penang9

trus saya juga jadi jatuh cinta ma nasi kandar yang bentuk dan rasanya agak mirip nasi padang tapi tiga kali lipat lebih enak (dan lebih penuh dosa tentunya). kita makan di nasi kandar line clear yang konon masuk top 5 nasi kandar terenak di penang (atau bahkan malaysia?). bentuknya kaki lima di gang pinggir jalan, deket banget dari hostel kita. seporsinya banyak banget, awalnya saya ga yakin sanggup ngabisin semuanya tapi toh in the end piring saya bersih juga, LOL.

hal yang paling saya sesali dari penang trip ini adalah kita ga sempet menelusuri penang street art yang terkenal itu, padahal justru itu salah satu tujuan utama kita ke penang :( kita cuma sempet foto di satu street art aja, itu pun di hari terakhir. anggep aja artinya next time saya harus dateng lagi ke penang buat foto di depan semua street art yang tersisa, aamiiin.

penang10

sedikit catatan penting yang harus diperhatikan ketika liburan di penang adalah kita harus lebih waspada dari segi keamanan, apalagi kalo kita cewe’ yang bepergian sendiri. ya di setiap tempat, bahkan di singapore yang sistem keamanannya udah terkenal oke pun kita harus teteup waspada sih, tapi tingkat kewaspadaan kita di penang kaya’nya harus lebih ditingkatkan ketimbang tingkat kewaspadaan kita di singapore.

tadi saya sempet bilang kalo hostel tempat saya dan hesti menginap, walaupun oke dan recommended banget, juga punya sisi minus dari segi lokasi. rupanya—dan kita baru menyadari hal ini di malam kedua—hostel kita berada di … area lokalisasi. jangan bayangin red light district yang hingar bingar gemerlap jedak jeduk dulu, lokalisasi di sini maksudnya kalo begitu lewat jam 10 (atau kadang jam 9) PM, sepanjang jalan di sekitar hostel kita udah dipenuhi waria berpenampilan ehem-yuk-mari-bang. makanya amat sangat disarankan supaya kita udah nyampe hostel sebelum jam 9 PM karena jalanan penang setelah jam segitu bisa dibilang kurang aman.

contoh yang lain adalah saya dan hesti sempet “dikuntit” cowo’ berpenampilan serem di malam terakhir kita di penang. waktu itu udah sekitar jam setengah 9 PM dan kita baru pulang dari makan malam di deket hostel. tadinya kita berencana mampir ke toko oleh-oleh yang lokasinya juga ga gitu jauh dari hostel tapi batal setelah saya ngeh kalo sejak kita keluar dari tempat makan ada satu cowo’ yang kaya’nya ngikutin kita. ya wallahualam sih dia berniat jelek atau emang kebetulan aja dia jalan di belakang kita trus penampilannya agak serem, tapi ga ada salahnya lebih waspada.

another note to take, kalo bisa pakaian kita jangan terlalu terbuka. salah satu temen sekamar kita di hostel, namanya jessica (dia dari london dan traveling sendirian dan yang paling penting bukan mantan member SNSD), juga cerita kalo “some guys I met on the street gave me this nasty, sleazy look.” si jessica ini kaya’nya emang agak hobi pake sleeveless + celana super pendek sih. saya dan hesti selama di sana pake kaos + celana pendek ga kenapa-kenapa tuh.

tapi ya cuma itu aja kok kejadian ga enak selama liburan kita di penang, dan yang jelas kalah berkesan dibanding hal-hal menyenangkan yang ada di sana. menurut saya penang teteup jadi destinasi wisata yang oke dan recommended, jadi kalo ada yang berminat ngajak saya ke sana lagi boleh banget hohoho.

Advertisements

2 thoughts on “wonderful penang.

  1. Teh tariknya asli semuaa disana :D
    Aku belum pernah ke penang tapi boleh banget nih masuk list ^^

    Btw adekku malah pernah ke penang dan bener untuk berobat :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s